Perangkat-Perangkat Jaringan Komputer


 Perangkat Jaringan Komputer

Apa Itu Perangkat Jaringan Komputer?

Perangkat jaringan komputer adalah sebuah jaringan komputer dapat beroperasi dengan didukung oleh software dan hardware. Perangkat keras jaringan komputer indentik dengan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dalam jaringan komputer agar setiap komputer yang terhubung dapat saling berbagi data, file dan sumber daya lainnya. Beberapa perangkat jaringan komputer adalah sebagai berikut:

1.) Modem (Modulator Demodulator)

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umumnya menggunakan bagian yang disebut modem, serpeti VSAT, Microwace Radio, dan lain sebagainya, tetapi istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.  
Jenis-jenis modem antara lain: 

Modem ISDN, Modem GSM, Modem Analog, Modem ADSL, Modem Kabel, Modem CMA, Modem Satelit, Modem Eksternal, Modem Internal, Modem Kabel, Modem DSL.

2.) Kabel Jaringan

Media Kabel merupakan media yang lebih baik dari media nirkabel karena mampu membawa data dalam jumlah besar tanpa terganggu oleh cuaca sehingga menghasilkan komunikasi data yang cepat. Pemilihan jenis kabel sangat terkait erat dengan topologi yang digunakan. Misalnya jenis Topologi Ring umumnya menggunakan kabel Fiber Optik, Topologi Bus menggunakan kabel Coaxial. Jenis-jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer di antaranya Twisted huPair (UTP dan STP), Coaxial, dan Fiber Optic.

3.) Konektor

Dalam dunia teknologi jaringan, konektor merupakan perangkat jaringan yang sangat diperlukan, yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan port yang terdapat pada perangkat lainnya. Banyaknya jenis konektor jaringan membuat kita perlu untuk mengenal jenis dan kegunaannya, agar kita tidak salah dalam memilik konektor untuk kabel jaringan yang sudah kita miliki.

4.) Hub

Hub atau yang lebih dikenal dengan istilah network hub adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya asalkan masih dalam lingkup jaringan yang sama. Artinya komputer atau perangkat yang terhubung melalui hub ini dapat saling bertukar informasi antara satu sama lain.

5.) Switch

switch adalah suatu komponen jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer agar dapat melakukan pertukaran paket, baik menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat yang dituju. Tidak seperti HUB, switch bekerja dengan lebih efisien, terarah, dan langsung pada alamat yang dituju, baik dalam pertukaran data, memproses, serta mengirim data. Switch dapat mendeteksi tujuan data sehingga dapat mencegah terjadinya ‘tabrakan’ pada saat data dikirim.

6.) Bridge

Bridge adalah suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local arean Network) dengan jaringan LAN yang lain. Bridge dapat menghubungkan tipe jaringan komputer berbeda-beda (misalnya seperti Ethernet & Fast Ethernet), ataupun tipe jaringan yang serupa atau sama.  

Alat ini bekerja pada data Link layer model OSI (Open System Interconnection), Karena itu bridge bisa menyambungkan jaringan komputer yang memakai metode transmisi atau medium access control yang tidak sama atau berbeda. Bridge juga adalah alat yang bisa mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya dan juga mengatur alur frame berdasarkan alamat tersebut.

7.) Repeater

Repeater berasal dari bahasa inggris ‘repeat’ yang memiliki arti mengulang/perulangan. Repeater berfungsi memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari sebuah jaringan kemudian memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli.

8.) Network Interface Card (NIC)



NIC adalah sebuah peralatan elektronik yang dibuat pada sebuah papan PCB yang akan melakukan konversi sinyal sehingga sebuah workstation bisa mengirim dan menerima data dalam jaringan. Sering disebut juga dengan Ethernet card, atau sering juga disebut LAN card. NIC merupakan kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi pada komputer. Slot yang diperlukan bisa berupa slot PCI atau ISA. Selain itu terdapat juga beberapa card yang diperuntukkan khusus bagi laptop atau notebook dengan socket PCMCIA. Sedangkan untuk output portnya dapat berupa port BNC, AUI (Thick Ethernet), dan UTP. Sebuah NIC memiliki alamat khusus yang disebut sebagai ethernet address atau MAC address. Alamat ini adalah berupa kode heksa 48-bit. Setiap NIC memiliki alamat yang berbeda.  

9.) Router

Router adalah suatu perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda dari sisi teknologinya. Setiap router mempunyai fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) yang dapat disetting sedemikian rupa sehinga dapat membagi IP address. Selain itu, pada router juga terdapat NAT (Network Address Translator) yaitu fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat di-sharing ke alamat IP lain.



No comments:

Post a Comment