Konfigurasi DHCP Server di Cisco Packet Tracer.


 Apa Itu DHCP?

Jadi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP ke semua komputer secara manual.

"Secara garis besarnya DHCP itu akan memberikan alamat IP secara otomatis ke komputer client."

Simulasi membuat DHCP Server dengan Cisco Packet Tracer pada postingan in, akan menggunakan IP kelas C, dengan alamat IP untuk server 192.168.10.1

Langkah-Langkah Konfigurasi

1.) Buka software cisco packet tracer pada komputer anda, kemudian buat topologi jaringannya seperti gambar di bawah ini.

Masukkan 1 buah server, 1 buah switch, dan 3 buah komputer (lebih juga tidak masalah) ke workspace/lembar kerja. Kemudian hubungkan Server dengan Switch dan hubungkan juga komputer tadi dengan switch dengan menggunakan kabel stright.

2.) Kemudian lakukan konfigurasi pada server nya, dengan cara klik pada server kemudian pilih Desktop pada menu di atas. Selanjutnya pilih IP Configuration.

3.) Setelah masuk ke IP Configuration, isikan IP Address dengan IP 192.168.10.1 dan klik kolomm Subnet Mask isikan dengan 255.255.255.0

4.) Setelah melakukan Konfigurasi IP, Kemudian klik Service pada menu bar di atas.
Keterangan :
(1) Klik Service pada menu bar di atas
(2) Klik DHCP
(3) Hidupkan (on) terlebih dahulu Service DHCP 
(4) Lakukan setting alamat IP dari IP berapa akan dimulai
(5) Save konfigurasi anda

5.) Konfigurasi Server telah selesai, kemudian kita berpindah ke PC Client, Klik PC yang akan diberi IP DHCP misalnya PC0 kemudian pilih menu Desktop dan klik IP Configuration.

6.) Selanjutnya setelah masuk ke tab IP Configuration, pilih DHCP dan tunggu sampai mendapatkan IP dari server secara otomatis dan terdapat tulisan DHCP request successful.
Lakukan hal yang sama pada PC yang lain juga

7.) Untuk memastikan apakah komputer client bisa terhubung dengan server, kita gunakan fitur command prompt yang ada pada tab desktop.

8.) Setelah masuk ke tab command prompt, ketikkan ping //ip server pc lain, contoh ping 192.168.10.3. Kemudian tekan ente. Bila muncul reply kurang lebih seperti berikut maka dapat dipastikan bahwa komputer client dan komputer client dapat terhubung.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang cara Konfigurasi DHCP Server di Cisco Packet Tracer. Semoga dapat bermanfaat.

Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat, dan terimakasih telah berkunjung di blog saya dan jangan lupa kunjungi terus blog saya untuk mendapatkan informasi-informasi yang lebih bagus lagi dan lebih bermanfaat.......

No comments:

Post a Comment