KLASIFIKASI HURUF BERDASARKAN JAMES CRAIG


A.  Klasifikasi huruf berdasarkan James Craig
      1. Roman/ Serif
             Ciri dari huruf ini adalah memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Biasa digunakan untuk Hardcopy atau hasil cetak media offline seperti buku, majalah, koran, dsb. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, gemulai dan feminim. Contoh huruf : bodoni, georgia dan times new roman.
       2. Sans Serif
               Adalah tanpa sirip/serif pada ujung hurufnya dan memiliki ketebalan huruf yang sama/ hampir sama. Kesan yang ditimbulkan adalah modern, kontemporer dan efisien. Contoh huruf : arial, century gothic, futura, helvetica, lucida grande, trebuchet MS dan verdana.


      3. Script
              Huruf script menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Biasanya font jenis ini digunakan untuk desain yang berhubungan dengan kemewahan, misalkan undangan pernikahan/ucapan selamat untuk perusahaan baru dengan hiasan bunga. Kesan yang ditimbulkan adalah sifat pribadi dan akrab. Contoh huruf : script mt bolt , freestyle script dan french script.
       4. Monospace
               Adalah jenis huruf yang mempunyai jarak/ lebar yang sama setiap hurufnya. Huruf W dan I akan mempunyai ruang yang sama. Contoh : courier. Huruf pada mesin ketik adalah juga huruf monospace.
       5. Dekoratif / miscellaneous
                Huruf jenis ini merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan ornamen-ornamen atau garis-garis dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental. Biasa digunakan untuk desain yang berhubungan dengan imajinasi seperti teks pada komik, produk anak-anak untuk menarik perhatian mereka dengan bentuk yang cute dan unique. 


1 comment: