Arsitektur dan Organisasi Komputer


A. Pengertian Arsitektur dan Organisasi Komputer
           Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contoh: set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan dan mekanisme I/O.
            Sementara organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer. Contoh: sinyal kontrol, interface dan teknologi memori.


1. Arsitektur Komputer
           Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memory komputer.
             Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan diskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan, terutama mengenai cara CPU akan bekerja serta cara mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari-dan-ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dan lain-lain.
           Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, dan blue gene. Selain itu, arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja dan target biayanya.

2. Organisasi Komputer
          Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
           Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian oganisasional.


1 comment: